Koin Malaikat

Sepuluh…

 

Sepuluh saja diberikan…

 

Cukup untuk seumur hidup, mestinya…

 

 

 

Hm…

Dering telepon!

I… Ini…

Ah…

 

“Hei… Ada apa?”

 

“Ehm… Halo bro
Sorry nih… Lagi sibuk ga?”

 

“Ng… Nggak sih, tapi…”

 

“Bagus! Sorry lagi yah, tapi gue butuh bantuan ey!
Gue mau pindah kost… Tapi temen-temen gue pada keluar kota semua!
Gak ada yang bisa bantuin nih..
Sorry, bro… Tapi…
Bisa ‘kan?”

 

“… Gue udah ada…”

 

“Aduh, please, bro!
Sekali ini aja!
Please? Bantuin lah temen lu yang lagi susah ini…”

 

“…”

 

“Gimana, bro?”

 

“Iya deh… Gue otw ya…”

 

“Sip! Thanks a lot bro!

 

“Sama-sama…”

 

Tut-tut… Satu hilang…

 

 

 

 

Bro…”

 

“Ya?”

 

“Aduh… Sorry pisan ey…
Tapi…
Ehm, ngomong-ngomong, lu gak lagi sibuk ‘kan?”

 

“… Kenapa?”

 

“Gi… Gini bro
Buat kerja kelompok kali ini, gue gak bisa ikut ey…
Ada urusan keluarga ngedadak!
Gue harus pulang!
Maaf yah…”

 

“Urusan keluarga?”

 

“Iya… Ada masalah gitu…
Sorry pisan ey…
Jadi gue gak bisa ikut!”

 

“Ya udah… Cepet beres masalahnya ya…”

 

“Oke, oke! Sorry lagi ya!
Good luck, bro!”

 

Tut-tut… Dua…

 

 

 

 

“… Hei…”

 

“…?
Hei!”

*Wah… Mimpi apa gue semalem? Dia ngajak ngomong gue? Oke, oke… Kalem, kalem…*

 

“Mm… Lagi sibuk ngga?”

 

“Nggak kok!”

 

“Mm… Aku…
Aduh, gak enak ngobrol di sini…
Ke cafe itu yuk!”

 

*Cafe? Man! Is it a date? My God…*

“Oke! Oke! Yuk!”

 

“Mm… Aku… Mau curhat nih…
Aku gak tau harus cerita ke siapa lagi…”

 

“Kok bingung? ‘Kan ada aku!
Cerita aja!”

 

“… Kamu mau denger?”

 

“Ya!”

 

“Aduh, puji Tuhan deh… Memang beruntung aku punya sahabat kayak kamu!
Jadi gini…
Aku… Aku suka sama…”

 

*O… Oh my God… Is it really happening?*

“… Sama…?”

 

“… Tapi janji jangan ngetawain aku ya!”

 

“Iya!”

 

“A… Aku…
Sebenernya… Suka sama…
Temen kamu itu…! Si Dyto!”

 

“…”

 

“Udah dari semester dua aku suka sama dia!
Aduh, rasanya jadi gila deh kalo mikirin itu!
Makanya, kamu mau bantu aku ‘kan?
Apapun!
Entah ngomongin yang bagus-bagus tentang aku ke dia, atau rencanain date nya kita!
Please?
Kamu temen deketnya ‘kan?”

 

“…”

 

“Hei…? Thon…?
Kamu ngelamun?”

 

“… Ah?
Ng… Nggak kok…
Jadi… Dyto ya…?”

 

“Iya! Mau bantu aku ‘kan!?”

 

“Oke deh… Siap…
Apa sih yang nggak buat kamu…”

 

Great! Kamu memang sahabat aku yang paling top!
Makasih Thon!
Nanti aku traktir dehh!”

 

Senyum kering…

I… Itu…

Kurasa tujuh habis…

 

 

 

 

BRO!

 

“…? Oi!”

 

“Yaaah, kok lemes amat sih?
Sohib lu lagi seneng nih!”

 

“Ahh, nggak…
Gue ngantuk aja… Begadang gue… Liverpool, biasa…
Seneng kenapa, bro?”

 

“Jiaaah… Liverpudlian sejati ya lo!
Gini bro
Band gue lolos!
Masuk ke final!
Bisa ketemu label!”

 

“Wo… Wow! Great news!

 

“Pastinya! Gila! Puji Tuhan banget!
Dia emang baik, ya bro?”

 

“…
Iya… Memang Dia baik, bro…”

 

Satu tersisa…

Jatuh…

 

 

 

 

Hei…

 

“…?”

 

Nak…?

 

“… Ya?”

 

Kamu kenapa?

 

“…
Nggak kok…
Gak apa-apa…”

 

Hei, hei…
Jangan bohong sama Papa…

 

“Nggak beneran…”

 


Papa sudah menjadi Papa kamu bukan untuk satu-dua hari.
Saya tahu saat kamu tidak merasa baik.

 

“… Pa…”

 

Ya?

 

“Koinnya habis…”

 

Habis?

 

“Ya…”

 

Kok bisa?

 

“Ya bagaimana bisa tidak habis?
Tidak ada yang kasih kembalian…”

 

Oya?

 

“Ya…
Aku… Aku…
Capek, Pa..”

 

Kenapa?

 

“Setiap saat, harus membelanjakan…
Dan kesalnya, bukan untuk kepentinganku sendiri!
Berapa kali aku makan hati?
Dan… Dan…
Kenapa mereka bisa enak-enak ketawa tanpa peduli koin siapa itu yang dipakai untuk mereka!?”

 

Nak…

 

“Gak ada yang peduli!
GAK ADA YANG PEDULI!
PEDULI SETAN SAMA YANG BELI, POKOKNYA GUE NIKMATIN!
ITU PIKIRAN MEREKA, PA!
KENAPA MEREKA BRENGSEK GITU!?”

 


Sshh…
Sshh…
Sini… Peluk Papamu…

 

“…
A… Aku…
Kesal…”

 

Wajar…
Papa nggak marah kok…
Justru Papa bangga dan senang!

 

“…
Kenapa…?”

 

Karena memang itu tujuannya Papa kasih koin-koin itu…

 

“… A… Apa…?”

 

Sayang…
Sepuluh Koin itu memang dimaksudkan untuk ‘membeli’ kebahagiaan buat orang lain…

 

“Ta… Tapi! Kenapa yang lain…?”

 

Mereka…
Ehm…
Mungkin…
Mereka belum merasa cukup bahagia, Nak…

 

“A… Aku juga!
Aku ‘kan nggak bahagia!
Pa!
Mereka egois! Hanya ramah kalo ada maunya aja!
Dan yang kejamnya…
Tanpa peduli…
Seenaknya pamerkan keberhasilan di depan mataku!
Sementara saat aku buat sesuatu apa, mereka gak peduli!
Kenapa aku harus peduli sama mereka?”

 

Karena kamu sudah cukup bahagia…
Bahkan lebih!
Sudah bisa ‘membelikan’ untuk orang lain…

 

“A… Apa…?”

 

Lho…
Kamu punya Papa!
Kurang apa lagi?
Papa sayang kamu, Nak…
Apapun yang terjadi…
Dan Papa bangga sama kamu…

 

“… T… Tapi…”

 

Sshh… Jangan iri sama mereka…
Justru, kasihanlah sama mereka…
Mereka butuh koin-koin itu… Mereka butuh kebahagiaan itu…
Kamu sih, tinggal datang aja ke Papa beres, ‘kan?
Nah, mereka gak punya itu…

 

“…”

 

Jangan nangis lagi, ya?
Kamu hebat kok!
Gak semua orang bisa membelanjakan koinnya seperti kamu…
Wise spending, Son!

 

“… Pa… Papa…”

 

Senyum dulu dong!
Nah gitu!
‘Kan cakep, kayak Papanya!

 

“Ah, Papa GR!”

 

Hmm…
Tapi koinnya sudah habis ya?

 

“I… Iya…”

 

Nih, kamu udah beraksi baik dengan sepuluh koin…
Sekarang, Papa kasih dua puluh!

 

“Wah… Banyak…”

 

Iya dong!
Ayo! Bangkit, Nak!
Mereka butuh kita…

 

“Yap! Aku pergi!”

 

Daahh…
Eh…? Kenapa i…

 

“Love you, Pap…”

 

Love you too…
Son…

Leave a Reply

